Rabu, 18 November 2009

W I S A T A I N H I L

Obyek Wisata
Indragiri Hilir selain letaknya yang strategis dan berhadapan langsung dengan Pusat Pengembangan Pariwisata Internasional, seperti Singapore dan Malaysia juga berdekatakan dengan Pusat Pengembangan Pariwisata Nasional seperti : Pulau Batam, Pulau Bintan, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun serta Tanjung Batu Kundur, selain itu Indragiri Hilir juga mempunyai potensi obyek wisata dan daya tarik wisata yang tak kalah menariknya. Potensi dan daya tarik wisata itu antara lain :
1. Air Terjun 86 dan Bukit Berbunga
Air terjun yang mempunyai ketinggian 50 meter ini dinamakan Air Terjun 86 karena lokasinya terletak di kilometer 86 jalan raya Lintas Timur Sumatera. Obyek wisata ini dapat dicapai melalui perjalanan sejauh 14 Km melewati jalan tanah dengan mengendarai sepeda motor atau jeep.
Di desa selensen terdapat sebuah shelter dengan pemandangan sekelilingnya yang indah berupa bangunan rumah adat melayu yang juga dinamakan Pesanggrahan.
Obyek wisata bukit berbunga yang sejuk sering kali diselimuti kabut tebal, di puncaknya terdapat camping ground. Panorama alam dan perkampungan di sekitar kaki bukit dapat terlihat dari sisi tebing bukit yang berupa singkapan. Jalan setapak untuk mencapai puncaknya cukup berliku dan cenderung terjal, sangat cocok untuk pencinta alam dan pengunjung yang menyukai cross country. Terletak di selatan desa Batu Ampar, 4 Km dari selensen, ibu kota kecmatan Kemuning.
Selain itu di kecamatan Kemuning ini terdapat obyek menarik lainnya untuk dikunjungi seperti air terjun Tembulun Rusa, Air Terjun Selensen Salak, Goa Batu Leman, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan atraksi wisata Arung Jeram Sungai Ngibul.
2. Obyek Wisata di Pulau Burung
Pulau Burung juga dikenal sebagai pulau berkanal. berkeliling kanal memakai perahu atau pompong untuk menikmati keindahan alam perkebunan kelapa, nenas, tambak-tambak ikan dan udang sambil mencicipi makanan dan minuman yang merupakan hasil perkebunan akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama berada di kawasan ini.
Pada lokasi paling utara Kabupaten Indragiri Hilir, di muara Sungai Danai yang tenang terdapat Pantai Sesai, dapat dicapai dalam 20 menit perjalanan dari ibu kota kecamatan Pulau Burung dengan menggunakan speed boat, atau jika dari arah kota Tanjung Batu ( Kepulauan Riau ) hanya memakan waktu 15 menit.

Dari puncak bukit Api Panjang yang tingginya 60 M. ke arah timur laut terlihat pemandangan pulau-pulau yang merupakan bagian dari kabupaten Kepulauan Riau. Dalam hutan bukit masih banyak ditemukan Pohon Nibung ( Oncosperma Tigilarium ), sejenis palem liar yang saat ini sudah jarang ditemukan.Di kaki bukit sebelah utara terdapat sebuah goa yang dihuni ribuan kelelawar. Oleh penduduk sekitar, goa tersebut dinamakan Goa Api panjang. Goa tersebut hanya bisa dimasukin oleh satu badan manusia secara berbaring atau merayap.
Lokasi Bukit Api Panjang dicapai dengan naik speed boat selama 15 menit dari ibu kota kecamatan Pulau Burung melalui hutan mangrove yang lebat, kemudian dilanjutkan berjalan kaki sejauh 1,5 Km melalui perkebunan kelapa yang sudah tidak terpakai lagi
Obyek lain yang kondisi alamnya mirip dengan bukit Api Panjang di kecamtan Pulau Burung adalah Bukit Sari Intan dan Bukit Segunung. Bukit sari gunung mempunyai keunikan, selain masih banyak pantangan yang harus dipatuhi, pengunjung yang mempunyai peruntungan bagus, bisa menemukan bongkahan batu intan di sekitar puncak bukit ini.
3. Wisata Sejarah
Kecamatan Kuala Indragiri dikenal oleh masyarakat Indragiri Hilir dengan sebutan Kuindra. Kecamatan yang beribukota sapat ini, dapat dicapai dalam waktu 15 menit dengan menggunakan speed boat yang berangkat setiap jam dari Tembilahan.

Pada akhir abad ke 19, di sapat hidup seorang mantan penasehat kerajaan Indragiri, Syech Abdurrachman Siddiq yang wafat pada tahun 1939 dan dimakamkan di hidayat, tidak jauh dari Sapat.
Semasa hidupnya, Syech Abdurrachman Siddiq Al-Banjari, salah satu tokoh sentral penyebar agama Islam yang kharismatik setingkat dengan wali di Indragiri Hilir dan kawasan sekitarnya dan mempunyai banyak murid yang berasal dari negeri malaka. Sampai saat ini makamnya setiap hari selalu diziarahi oleh pengunjung yang barasal dari kalimantan, Jambi, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Selain ulama besar, beliau dikenal sebagai sastrawan Islam yang handal, salah satu syair karyanya yang sering dipakai sebagai media dakwah sampai sekarang adalah Kabar tentang Hari Kiamat. Selain wisata religi, Kecamatan Kuindra menyuguhkan obyek wisata berupa atraksi budaya suku laut. Adalah pemandangan menakjubkan melihat mereka beramai-ramai dengan lincahnya menggunakan sepotong papan meluncur di permukaan lumpur sambil mengumpulkan kerang segar yang sebagian untuk dimakan dan sebagian dijual ke pasar. Sebagai masyarakat nelayan, tradisi ini merupakan mata pencaharian mereka dan sudah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu. Selain itu, Concong Luar terkenal dan selalu dikunjungi masyarakat Tionghoa dari Singapura dan Malaysia sebagai tempat kegiatan Cap Go Meh yang selalu padat dan ramai setiap peraayaan Imlek, tahun baru Cina.
4. Pantai Tertitip dan Danau Tagaraja
Ibukota kecamatan Kateman, Sungai Guntung adalah salah satu kota pesisir yang cukup ramai di kabupaten Indragiri Hilir karena letaknya yang strategis berada di lintas transportasi dari Indragiri Hilir ke arah Kepulauan Riau. Untuk mencapai sungai guntung, dari tembilahan diperlukan waktu 3 jam perjalanan dengan ferry atau speed boat yang setiap hari ada beberapa kali jadwal keberangkatannya.
Pantai Tertitip yang berpasir putih hanya berjarak tempuh 5 menit dengan perahu atau Pompong dari pelabuhan Sungai Guntung. Di lokasi ini akan dikembangkan menjadi kawasan wisata trta dimana pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas rekreasi, hiburan, dan olah raga air.

Di Kecamatan ini wisatawan juga dapat berkunjung ke danau Tagaraja, yang pada hari libur selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. Dahulunya danau ini bernam a kolam Raja, dipakai sebagai tempat pemandian dan sumber air bersih untuk kebutuhan kerajaan Kateman. Di dasar danau ini terdapataliran sungai bawah tanah yang menghubungkan danau tagaraja dengan laut yang menyebabkan permukaan danau ikut naik jika laut sedang pasang naik, begitu pula sebaliknya. Jarak Danau Tagaraja ini hanya 4 Km dari kota Sungai Guntung. Perjalanan ditempuh dengan memakai sepeda motor pribadi atau menumpang ojek.
5. Pantai Solop Pulau Cawan
Pantai Solop merupakan salah satu obyek wisata pantai/bahari yang terdapat di Kabupaten Indragiri Hilir. Suatu pantai yang unik untuk dikunjungi, yaitu mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di dunia, keunikannya adalah terdapat kawasan rawa / lumpur berpasir putih dari kulit kerang-kerangan yang dibawa ombak ke daratan pantai.
Pantai Solop cukup menarik untuk dikunjungi apalagi letaknya yang strategis yakni di jalur pelayaran Tembilahan - Pulau Batam. Keindahan Pantai Solop adalah terdapatnya pulau-pulau kecil di depan pantai dan disini juga juga dapat dinikmati pemandangan matahari terbenam di waktu sore, menambah keindahan dan daya tarik tersendiri dengan keasrian alamnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

" KABUPATEN INDRAGIRI HILIR SELATAN "