Rabu, 18 November 2009

DESAKU TERCINTA


Pernah terpikir olehku untuk memperjuangkan desaku,agar desaku tidak menjadi desa yang tertinggal, berbagai hal aku coba lakukukan untuk memperkenalkan desaku
menonjolkan cirikhas desaku namun semua itu belum membuahkan hasil, sampai saat ini aku tidaklah pernah berputus asa akan hal itu,
desaku adalah Desa Kuala Keritang yang berada di Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Riau,
mungkin diantara beberapa desa di kecamatan keritang desakulah (kuala keritang) yang tertua setelah desa kotabaru seberida (ibukota kecamatan keritang)
namun hal ini bukan malah mendukung perkembangannya,tapi malah desakulah yang paling tertinggal di antara desa - desa yang ada di kecamatan keritang,
mulai dari sumberdaya manusianya, sumberdaya alam seprti sektor pertanian, peternakan, perkebunan.dll
itulah sebabnya mengapa aku tidak bersekolah di desaku, sering muncul pertanyaan dari orang - orang yang ada di sekitarku
mengapa aku tidak bersekolah di desaku sendiri padahal di desaku ada sebuah Sekolah Dasar Negeri (SDN 013 )
satu - satu nya sd negeri di desaku sampai sekarang ini, jawabanya karena tranportasi pada waktu itu sangat buruk
walaupun sekolah tersebut hanya 1 km dari rumahku, namun jika ingin mencapai sekolah tersebut haruslah berkubangan dulu dengan lumpur
karena jalannya dari tanah dan sudah banyak yang rusak parah apalagi kalau hari hujan,sebab itulah aku di sekolahkan oleh orangtuaku di desa tetangga
walaupun cukup jauh tapi orangtuaku tidak keberatan mengantarkanku dengan sepeda tuanya dan aku sangat bangga akan hal itu.
itu sebabnya aku lebih banyak berkembang dan beraktipitas di desa tetanggaku
dan aku tahu betul kalau desa ku sangatlah tertinggal dan kurang perhatian dari pemerintah, tapi aku juga tahu itu semua bukanlah serta - merta kesalahan dari pemerintah
namun karena kurangnya komunikasi antara masyarakat dengan pemimpin desa dan daerah, maka terciptalah hubungan yang tidak harmonis,
yang berujung timbulnya kecemburuan sosial,kebencian dll. sehingga perhatian terhadap perkembangan dan pembangunan desa sangatlah kurang
yang muncul justru komplik - komplik sosial diantara masyarakat dan hal ini mulai merubah pandangan masyarakat terhadap segala bentuk pembngunan yang terjadi di desaku,
rasa curiga yang berlebihan kepada pemimpin, menghilangkan semua kepercayaan dan menimbulkan pemikiran untuk memperjuangkan kepentingan perindividu,
sebab itulah setiap proyek pembangunan yang ada di desaku selalu mengalami kendala, dan hal inilah yang membuat pemerintah daerah harus berpikir dua kali
untuk mengucurkan dana ke desaku ( desa kuala keritang ) dan hal ini pula lah yang membuat desaku sangat tertinggal hinga saat ini.
untuk sekarang ini aku hanya bisa berdo'a semoga desaku bisa maju dan berkembang dengan pesat seperti desa - desa tetangga,
dan aku juga menggantungkan harapanku kepada kakak - kakaku, rekan - rekanku, sahabat - sahabatku yang sekarang ini sedang berjuang di
di dunia perkuliahan, dan semoga mereka bisa merubah pandngan, pemikiran masyarakat didesaku dan
membawa desaku ke kemajuan dan perkembangan untuk menjadi desa yang mandiri dan berpotensi.. amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

" KABUPATEN INDRAGIRI HILIR SELATAN "